3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)

FAST DOWNLOADads
Download
Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting, memang sangat membantu. Apalagi fitur-fiturnya cukup berlimpah serta penggunaannya juga mudah. Tidak heran ada berbagai pengguna Whatsapp di seluruh dunia ini.

Di Whatsapp juga kita sanggup men-chat banyak pengguna WA sekaligus lewat grup chat. Dan kalau Anda yakni salah satu penggunanya, pernahkah melihat orang-orang yang mengirim video ke Whatsapp group?

Ya, Whatsapp memang punya fitur kirim video. Tidak jarang, video-video yang dikirim tersebut banyak dishare, hingga jadinya ramai diperbincangkan lho.

Nah, tapi perlu diketahui, ada satu hukum mengirim video di Whatsapp yaitu limit size atau durasi.. Dimana video yang dikirim maksimal hanya sanggup 16MB atau kurang lebih hanya sekitar 90 detik saja..


 Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting 3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)

Untuk beberapa orang, pastinya limit video tersebut akan menciptakan video yang ingin di upload menjadi terbatasi. Apalagi jikalau kebayakan video yang ingin dikirim durasinya panjang-panjang, dan sizenya besar-besar..

Nah, hukum limit ini juga sudah ditulis di website Whatsapp sendiri lho, yang bahkan masuk ke FAQ (Frequently asked question) WA.

 Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting 3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)
Sumber : faq.whatsapp.com


Seperti yang dijelaskan diatas, Kalau Anda mencoba mengirim video yang melebihi batas ukuran yang ditentukan, Anda akan menerima opsi untuk memangkas durasi video tersebut menyerupai yang telah pihak WA sarankan.

Selain itu, biasanya juga akan muncul pesan ”File media yang telah Anda pilih lebih besar dari 16 MB. Tidak sanggup mengirim file “/ “The media file that you have selected is larger than 16 MB. Unable to send file."

Lalu... Adakah cara biar kita sanggup mengirim video durasi panjang / lebih dari 16MB ke Whatsapp?

Tentu ada.. Opsi mengirim pribadi ke WA memang tidak bisa, tapi setidaknya Anda sanggup mencoba beberapa cara berikut, untuk mengakali biar video yang tidak sanggup kita unggah, sanggup dibagikan ke WA.

Langsung saja, berikut beberapa tipsnya :


#1. Share melalui media lain


Yang pertama yang sanggup saya sarankan, Anda sanggup mencoba untuk mengunggah video yang terkena limit tersebut, ke media upload video lain, semacam Youtube, Facebook dan sejenisnya, yang tidak mempunyai batasan size maupun waktu..

..Kemudian share link video tersebut, untuk dibagikan ke WA atau grup WA.

 Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting 3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)


Cara ini menciptakan video tidak ditonton secara langsung, melainkan ketika link terbuka, kita akan diarahkan ke browser untuk menonton video yang ingin diupload tadi.

Cara ini juga disarankan oleh para blogger lain yang membahas topik yang sama, yang bertujuan untuk upload video durasi panjang ke WA tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut.


#2. Kurangi size video


Beda dengan cara sebelumnya.. untuk cara yang ini, Anda sanggup mengupload pribadi video ke WA, dengan catatan kualitas videonya dikurangi.

Banyak aplikasi-aplikasi untuk mengompress video yang sanggup Anda pakai untuk mengurangi size video, yang juga, aplikasi-aplikasi tersebut sanggup dipakai untuk yang masih awam sekalipun.

Salah satunya yakni Vidcompact.

Vidcompact, yakni aplikasi video converter yang mempunyai bermacam-macam fitur konversi video ke MP4 hingga MP3, yang juga mempunyai fitur untuk melaksanakan pemangkasan atau pengompresan pada video.

Aplikasi ini sangat cocok dan sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengurangi size video WA Anda yang terlalu besar, akhir hasil kamera yang resolusinya terlalu tinggi atau memang size video dari sananya.

Nah caranya :


1. Download dulu Vidcompact di Playstore, jikalau sudah buka aplikasinya.

2. Selanjutnya, masuk ke hidangan pangkas & kompress untuk memulai.

 Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting 3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)


3. Pilih video yang diinginkan.

4. Nah, kemudian silakan edit sesuai keinginan. Ada 2 opsi yang sanggup Anda pilih. Pertama, Anda sanggup memotong durasi video tersebut untuk mengurangi sizenya..

Kedua, Anda sanggup mengurangi resolusi dari Video tersebut untuk mengurangi sizenya (Rekomendasi saya yang ini).

 Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting 3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)


5. Jika sudah, Anda tinggal save video tersebut, kemudian Anda sanggup pribadi menguploadnya ke WA.


Mengecilkan ukuran video, selain lewat Android juga sanggup dilakukan lewat Laptop / PC. Caranya juga Tidak jauh beda. Hanya saja melalui PC / Laptop terdapat bermacam-macam fitur lain yang mungkin tidak ada di aplikasi Android..

..Dan Anda juga sanggup mengedit-edit videonya terlebih dahulu.

Kalau ingin tau Anda sanggup membaca cara perkecil ukuran video dengan movie maker

Atau Anda juga sanggup membaca cara simpel kompress video online


#3. Bagi video jadi 2 atau lebih


Saran terakhir, kalau Anda tidak ingin mengurangi size video atau upload video di media lain, maka Anda sanggup memotong / mengubah video tersebut menjadi 2 bab atau lebih.

Contohnya begini, anggap ada 1 video dengan ukuran 30MB, durasinya sekitar 6 menit. Karena maksimal WA hanya 16MB persatu video, maka Anda tinggal membaginya menjadi 2 video dengan durasi 3 menit..

Dengan begitu satu video sizenya hanya berkisar 15MB saja..

Untuk membagi video menyerupai ini, saya biasanya melakukannya lewat PC (Dengan Movie Maker). Untuk di Android, Anda sanggup mencari aplikasi pemotong video, namanya split video (bisa dicari di playstore).



Penutup...


Demikian 3 cara untuk mengirim video di Whatsapp yang berdurasi panjang atau video lebih dari 16MB. Cara ini tidaklah saya buat sendiri, melainkan saya sanggup di lembaga Quora (Forum luar) yang dibahas beberapa waktu lalu.

Bedanya, aplikasi yang saya sarankan disini merupakan rekomendasi saya sendiri, yang saya jamin fiturnya lebih anggun ketimbang saran-saran yang ada di web lain.

Jika Anda ada kesulitan, ada yang ingin ditanyakan, atau mungkin punya tips lain untuk mengirimkan video ke WA, Anda sanggup menaruhnya di kotak komentar dibawah.. Pasti saya balas.

Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url