5 Cara Mengatasi Tanda Silang Wifi Di Hp Android Dan Penyebabnya

FAST DOWNLOADads
Download
Koneksi WIFI kini memang cukup kencang. Perbedaannya sanggup berkali-kali lipat lebih cepat ketimbang menggunakan data seluler. Apalagi jikalau WIFI tersebut berbasis kabel.

Tapi, menggunakan koneksi WIFI untuk berinternet, tidak selamanya terus berjalan lancar. Kadang ada dilema tertentu yang sanggup terjadi pada WIFI.. Seperti susah konek, salah password, dilema autentifikasi, dan sebagainya.

Nah, di Android sendiri, ada 1 dilema yang mungkin sering dialami pengguna WIFI, adalah terdapat tanda silang pada koneksi WIFInya..

..Yang mengakibatkan WIFI jadi tidak berjalan.

 Koneksi WIFI kini memang cukup kencang 5 Cara Mengatasi Tanda Silang WIFI di HP Android Dan Penyebabnya


Saya sendiri pernah beberapa kali menemui dilema ini, walau tidak sering.

Akses internet WIFI dari modem WIFI (MIFI) yang saya gunakan, terkadang down, dan waktu saya cek, terdapat garis silang pada logo WIFI.

Masalah ini biasanya untung-untungan buat saya. Kadang internet sanggup berjalan dengan normal, dan garis tersebut hilang beberapa menit setelahnya. Tapi kadang juga WIFI tidak sanggup berjalan sama sekali.

Kadang dilema ini cukup mengganggu saya, apalagi kalau lagi butuh-butuhnya kanal internet untuk browsing.

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas beberapa tips untuk mengatasi tanda silang pada WIFI di HP Android. Tutor ini sanggup digunakan di semua brand HP : Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, Lenovo, dan sebagainya.

Berikut beberapa tipsnya :


#1. Periksa Akses Koneksi WIFI

 

Sebenarrnya kanal WIFI itu intinya sama dengan koneksi internet pada umuimnya. WIFI sanggup berjalan dengan koneksi yang diberikan provider.. Dan setiap provider tentu tidak selamanya mempunyai koneksi yang terus lancar.

Ada waktu-waktu tertentu dimana koneksi pada WIFI mengalami gangguan. Misalnya, Maintenance atau cuaca buruk.

Tapi apa hubungannya dengan tidak sanggup konek WIFI di Android?

Jawabannya tentu berhubungan. Silakan cek, jikalau koneksi mengalami gangguan, sistem Android pasti otomatis akan menampilkan tanda silang yang menunjukan bahwa tidak ada koneksi pada WIFI tersebut.


#2. Cek kuota kartu (Khusus MIFI)

 

Khusus pengguna MIFI, jangan lupa untuk cek kuota pada modem WIFI terlebih dahulu untuk melihat sudah habis atau tidak.

Kuota (pada kartu) merupakan syarat mutlak apabila sahabat memang menggunakan paket internet dengan kuota. Karena kalau kuota habis, internet niscaya tidak sanggup digunakan.

Dan perlu diingat, pembahasan sebelumnya (Gangguan internet) juga berlaku untuk pengguna internet provider kartu. Pastikan internet tidak mengalami gangguan.


#3. Setting tanggal dan waktu HP

 

Saya sempat membahasnya di artikel Cara Mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung.. Setting tanggal dan waktu pada HP, juga kadang mempengaruhi koneksi internet, entah itu data seluler atau WIFI.

Pada dasarnya, HP akan selalu mengambil waktu secara otomatis, melalui zona sinyal yang didapat melalui provider yang digunakan.

Tapi beda kisah dengan HP yang menggunakan WIFI. Mungkin HP tersebut tidak ada kartunya.. Atau mungkin waktu dipasang kartu kembali setting sinyal masih belum kembali.

Silakan setting tanggal dan waktu HP terlebih dahulu, kemudian restart HP..
 Koneksi WIFI kini memang cukup kencang 5 Cara Mengatasi Tanda Silang WIFI di HP Android Dan Penyebabnya

Lalu koneksikan kembali WIFI, dan cek apakah ada tanda silang atau tidak.
 

#4. Reset router / modem

 

Di router, ada konfigurasi-konfigurasi tertentu yang harus disetting terlebih dahulu sebelum WIFI sanggup digunakan. Konfigurasi ini mencakup hal dasar, menyerupai nama WIFI, hingga hal yang agak advanced menyerupai setting address.

Nah, bukan mustahil lho, salah setting juga sanggup menciptakan tanda silang muncul di WIFI. Apalagi setting yang berafiliasi dengan koneksi.

Solusinya, silakan ingat-ingat kembali, setting apa yang dilakukan sebelumnya, kemudian kembalikan ke sedia kala. Jika tidak bisa, sahabat juga sanggup pertimbangkan untuk mereset modem atau router yang digunakan.


#5. Reset HP

 

Nah, saran terakhir, sahabat sanggup mereset HP sobat. Memang jarang sekali reset HP ini sanggup memperbaiki WIFI tanda silang, namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan, apalagi jika  HP yang digunakan sudah di root dan diubah-ubah.

Sobat sanggup meresetnya manual, namun rekomendasi saya lebih baik reset melalui mode recovery.

 Koneksi WIFI kini memang cukup kencang 5 Cara Mengatasi Tanda Silang WIFI di HP Android Dan Penyebabnya


Penutup...

 

Demikian tutorial singkat cara mengatasi tanda silang pada WIFI. Tanda silang pada WIFI ini kurang lebih menyerupai dengan dilema no internet access pada WIFI, namun berbeda kasusnya. No internet access, sanggup disebabkan lantaran banyak hal..

Sedangkan tanda silang pada WIFI, biasanya hanya disebabkan lantaran dilema koneksi, atau suatu dilema yang memblokir koneksi.

Semoga tutorial ini bermanfaat.



FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url