✓ 5 Cara Memperbaiki Hp Mati Total (Matot) Pada Android Jadi Nyala Lagi

FAST DOWNLOADads
Download
Kerusakan HP paling parah, HP Mati total..  Dari jaman sistem HP usang hingga sistem Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan. HP-HP murah dibawah 500 ribuan hingga HP belasan juta rupiah pun tidak akan luput dari yang namanya kerusakan mati total..

HP mati total, yakni kerusakan dimana HP tidak mau menyala sama sekali. Dipencet tombol power tidak menyala, juga tidak ada gejala kehidupan sama sekali..

HP mati total ini sanggup terjadi di segala jenis merk. Seperti Oppo, samsung, smartfren, lenovo, Vivo, Xiaomi, Sony, ASUS, Acer, dan merk-merk HP lainnya. HP matot juga sanggup terjadi pada Iphone.


 Dari jaman sistem HP usang hingga sistem Android kini inilah kerusakan yang paling mer ✓ 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Pada Android Kaprikornus Nyala Lagi


Saya sendiri sudah banyak pengalaman memperbaiki HP mati total. HP-HP tersebut ada di kondisi mati, di cas HP tidak gejala apapun.

Dan belum lama, saya sanggup 2 HP pertolongan dengan kondisi mati.. Di cas tidak menyala.. Dinyalakan juga tidak bisa...

Karena sayang kalau tidak diperbaiki (Lumayan untuk dipakai), saya mencari cara-cara di internet cara untuk memperbaiki HP yang mati total.


Sayangnya, kebanyakan website-website indonesia yang ada di Google, kurang memperlihatkan solusi untuk mengatasi HP mati total ini.

Akhirnya jalan-jalan di website + lembaga HP luar.


Cara memperbaiki HP Android yang mati total

 

Tulisan ini, saya targetkan kepada sahabat yang barangkali masih awam soal HP. Karena tidak semua orang mengerti perihal komponen-komponen elektronik (Saya sendiri tidak terlalu).

Kalau masalahnya ada komponen, memperbaiki HP matot harus dibawa ke kawasan service. Supaya diganti komponen yang rusaknya.

Tapi jangan buru-buru..

Tidak semua HP mati total itu rusaknya ada pada komponen. HP mati total juga sanggup terjadi akhir kerusakan dari sistem.

Coba lakukan terlebih dahulu hal-hal yang pernah saya lakukan ini. Siapa tahu HP sahabat yang matot jadi normal kembali.

Langsung saja, berikut caranya:


1. Charger HP terlebih dahulu

 

Kalau sahabat merasa kalau HP yang tadinya baik-baik saja kemudian tidak sanggup nyala, sanggup jadi baterai HP sahabat habis.

HP mati total juga bukan berarti ada kerusakan di komponen atau sistemnya. Masalah sepele ibarat baterai habis yang tidak disadari atau bahkan lupa di cas juga sanggup jadi penyebabnya.

Silakan cas HP sahabat terlebih dahulu dengan benar. Jika sudah, coba nyalakan kembali.

Tapi kalau sewaktu di cas tidak ada respon apa-apa (Hanya hitam), Ada beberapa penyebabnya:


A. HP tidak mau di cas ketika dalam keadaan mati

HP yang tidak sanggup di cas dalam keadaan mati ini banyak penyebabnya.. Salah satu yang paling sering, ialah terjadi bug pada sistem..

Bug apa sih?

Bug ini saya kurang tahu namanya.. Tapi ini bug charging dimana HP hanya sanggup di cas dalam kondisi sudah memasuki sistem..

Yang artinya sahabat harus menyalakan HPnya terlebih dahulu..

Lalu bagaimana cara ngecasnya? Padahal HPnya kan matot..

Cara mengatasinya, coba lakukan charger dulu menggunakan charger dekstop selama 30 hingga 45 menit. Jika sudah, nyalakan HPnya kembali.

Kalau merespon (Nyala kembali), artinya HP masih normal.

  • Note : Bug tidak sanggup ngecas ini juga biasa terjadi di Custom ROM.. Kaprikornus hati-hati kalau sahabat hobi oprek-oprek Android..


B. Terdapat kerusakan pada salah satu komponen dalam HP

Kalau metode A tadi HP tidak mau merespon, mungkin juga terdapat kerusakan pada salah satu komponen di pecahan dalam HP.

Contohnya port usb...

Karena kita tidak tahu komponen mana yang rusaknya, coba pakai charger dekstop ibarat sebelumnya..

..Untuk mengecas baterai dari luar..

Kalau sudah, pasang kemudian nyalakan kembali.


C. Dan masih banyak lagi..

Penyebab HP tidak mau di charger itu bukan hanya 1 atau 2, tapi ada banyak. Kalau saya taruh detailnya disini, nanti akan kepanjangan..

Karena itu, coba baca artikel ini: Cara memperbaiki HP yang di cas tapi tidak mau mengisi 


Kalau belum bisa, selanjutnya...


2. Tes dengan baterai yang lain

 

Sobat juga sanggup mempertimbangkan untuk mengganti baterai dengan yang gres kalau memang tidak ada gejala kehidupan.

Baterai HP rusak sanggup lantaran aneka macam hal. Bisa lantaran panas, faktor pemakakaian, hingga faktor usia yang sudah terlalu tua. 


Untuk pengetesan sendiri sanggup dilakukan dengan baterai baru, atau dengan baterai HP lain...

Memang bisa?

Bisa.. Asalkan cocok..

Saya sendiri pernah mengetes HP saya yang mati total dengan baterai HP lain. Hasilnya, HP nyala kembali (Walaupun berkedip-kedip lantaran tegangan tidak cocok).

  • Note : Kalau baterai yang digunakan tegangannya tidak cocok (Seperti kasus saya), lebih baik gunakan sebagai uji coba saja.. Tegangan baterai yang tidak cocok berpotensi merusak HP..


3. Wiping data, cache, system di recovery

 

Cara ini saya sanggup di website jalantikus. Untuk cara ini, sanggup dilakukan kalau HP masih ada gejala kehidupan dan bisa masuk recovery.

Recovery, yakni sebuah sistem kendali pada Android dimana kita sanggup melaksanakan peniadaan dan perubahan pada sistem Android. HP yang mati total lantaran sistem, biasanya disebabkan lantaran sistem yang corrupt alias rusak.


 Dari jaman sistem HP usang hingga sistem Android kini inilah kerusakan yang paling mer ✓ 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Pada Android Kaprikornus Nyala Lagi


Nah, sejauh yang saya tahu, ada 2 cara untuk memperbaiki HP Android yang sistemnya rusak lantaran corrupt.

Cara pertama: 

  • Silakan masuk ke dalam recovery Android dengan cara menggunakan tombol kombinasi. Untuk tombol kombinasinya berbeda-beda tergantung merk. Saya sudah menulis tombol kombinasi pada banyak brand Android di Cara memperbaiki Android bootloop.
  • Saat sudah masuk sistem recovery, cari kategori wipe data, dan wipe cache / dalvik cache.
  • Lakukan wiping (Penghapusan) data dan cache hingga selesai. Jika sudah, restart.
  • Kalau jalan, berarti sahabat masih beruntung. Kalau belum jalan, coba wipe system dengan catatan nanti HP sanggup nyala tapi tidak sanggup dipakai.

Kalau sudah di wipe sistem, maka HP harus diinstall ROM gres kembali. Cara installnya sanggup lewat mode recovery tadi dengan melaksanakan flashing file .zip (Baca tutorialnya di Google).


Selain di install lewat flashing file .zip, Install sistem juga sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan flashing ulang HP Android lewat PC / laptop.


4. Lakukan flashing ulang HP Android lewat PC / Laptop

 

Flashing ulang HP Android tidaklah sulit. Yang diperlukan hanya sedikit pengetahuan, file, serta tutorial-tutorial dari Google.


 Dari jaman sistem HP usang hingga sistem Android kini inilah kerusakan yang paling mer ✓ 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Pada Android Kaprikornus Nyala Lagi


Jujur saja, flashing ulang HP lewat PC / Laptop yakni hal wajib untuk sahabat yang sedang mencoba memperbaiki HP yang mati total.

Kenapa?

Karena pada proses penancapan USB dari HP ke PC / Laptop, kalau masih terbaca, itu artinya HP masih ada tanda kehidupan dan berpontensi untuk normal kembali..

Untuk cara flashingnya, kadang berbeda-beda di tiap merk, atau tergantung juga dengan chipset (Processor) yang digunakan.  Kalau di mediatek alias MTK, biasanya pakai SPFlashtools.

Untuk cara flashing sendiri, sahabat hanya perlu:

  • Laptop / PC dengan spesifikasi apa saja.
  • Kabel data USB
  • Software flashing (Contoh: SPflashtools)
  • File ROM / File sistem
  • Driver USB (Optional, kalau HP tidak terbaca)


Ribet?

Nggak kok...

Mudahnya, coba buka Google.. Lalu masukkan kata kunci "cara flash" ditambah dengan brand dan tipe HP yang rusak .. (Contohnya : "Cara flash xiaomi redmi 5 plus")

Sisanya tinggal keberanian untuk mencoba saja. Dan pastikan komputer / laptop atau listrik tidak mati tiba-tiba ketika proses flashing. Bisa-bisa HP tidak mau nyala lagi.


5. Pergi ke kawasan service / service center

 

Kalau masih belum bisa, sahabat sanggup mempertimbangkan untuk service ke (Saran saya) service center.

Kerusakan komponen, misalnya ibarat IC charger atau EMMC akan dilakukan penggantian ulang dengan komponen baru. Sehingga HP jadi normal kembali.

Solusi ini yakni solusi cara perbaikan terbaik. Tapi kalau HP yang digunakan HP lama, dan biaya perbaikan tidak jauh beda dengan harga bekas, mending beli HP gres :D


Penutup...

 

Memperbaiki HP Android matot, gampang-gampang sulit. Faktor kerusakan yang didapat hingga faktor keberuntungan sanggup mensugesti apakah HP sanggup normal kembali atau tidak.

4 Cara diatas (Sebelum nomor 5), yakni cara yang biasa saya lakukan ketika menemui HP yang mati total. Dan sejauh ini, masih sukses.

Untuk kerusakan lantaran jatuh, biasanya ada di komponen. Kerusakan ini, sanggup pakai 5 metode diatas.

Untuk kerusakan yang lantaran terkena air, silakan keringkan terlebih dahulu HPnya.. Tapi pengeringannya dihentikan sembarangan lho.. Coba baca cara mengatasi HP terkena air tumpah / hujan

Sekian, biar bermanfaat. Dan terima kasih.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url