5 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya Kontak Telah Terhenti)

FAST DOWNLOADads
Download
Aplikasi kontak yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat data-data orang lain. Dari nama, nomor HP, Email hingga alamat yang kita telah simpan akan terlihat di aplikasi kontak.

Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi Android lainnya, aplikasi kontak ini juga sanggup terjadi error. Error yang terjadi juga macam-macam, salah satunya yaitu aplikasi kontak yang memperlihatkan pesan "Sayangnya kontak telah terhenti" dan berhenti secara terus menerus.



 Aplikasi kontak yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat d 5 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)


Walaupun jaman kini penggunaan telepon atau SMS sudah relatif jarang dipakai akhir banyaknya aplikasi chat (Whatsapp, LINE, BBM dan sebagainya) tapi penggunaan telepon manual masih sering digunakan, apalagi mengingat jaringan internet yang belum merata.

Dan kalau boleh jujur, orang-orang renta di Indonesia juga lebih suka menggunakan HP model usang yang penggunaannya relatif lebih gampang dari smartphone. Ditambah lagi, orang-orang Indonesia juga masih cukup banyak yang gaptek.


Kembali ke topik ...


Aplikasi kontak yang error ini, sanggup disebabkan lantaran banyak hal. Penyebab kerusakan yang menyebabkan aplikasi kontak berhenti terus-menerus, salah satunya yaitu lantaran terdapat error pada sistem Android yang Anda gunakan, atau bahkan aplikasi kontak Anda sendiri yang error.

Nah, saya sendiri juga pernah mengalami error kontak berhenti menyerupai ini.. Bukan cuma 1-2 kali, tapi hingga berkali-kali (Akibat sering ngotak-atik HP)..

Dari pengalaman tersebut, disini saya akan membagikan Cara memperbaiki aplikasi kontak berhenti terus menerus dan mengeluarkan pesan "Sayangnya kontak telah terhenti" di Android.

Langsung saja, berikut caranya...


1. Restart HP Anda

 

Cara paling simpel yang sanggup dilakukan, pertama Anda sanggup merestart HP Anda terlebih dahulu. Dengan melaksanakan restart, segala acara aplikasi dan sistem yang berjalan di HP kan secara otomatis berhenti dan ter-reset.

Karena segala acara yang berjalan terhenti dan ter-reset, maka error yang terdapat di aplikasi ketika itu pun juga akan ikut hilang, sehingga aplikasi akan normal kembali ketika dibuka ketika HP telah di restart.

Kalau aplikasi kontak HP Anda sanggup terbuka ketika HP sudah di restart, itu artinya kerusakan aplikasi kontak HP Anda masih termasuk ringan.


2. Hapus data dan cache aplikasi kontak Anda

 

Pada sebuah aplikasi, ketika aplikasi tersebut bekerja, sistem secara otomatis akan merekam acara aplikasi tersebut dan menyimpannya ke dalam sebuah file, file ini berjulukan cache.

Fungsi cache sendiri yaitu untuk mempercepat kinerja aplikasi sekaligus sistem. Karena dengan file yang telah terekam, maka sistem sanggup me-load aplikasi tersebut dalam waktu singkat.

Masalahnya, jikalau terdapat error data pada aplikasi yang digunakan, error tersebut juga sanggup terekam pada file cache. Error yang terekam inilah salah satu penyebab kenapa aplikasi HP Anda selalu berhenti, tidak terkecuali aplikasi kontak.

Untuk cara mengatasinya, pertama Anda harus mem-backup terlebih dahulu seluruh kontak Anda untuk jaga-jaga (Tutorialnya cari di Google ya, lantaran panjang kalau bahas disini).

Selanjutnya, silakan ikuti cara berikut :

  • Klik settings
  • Cari Apps (Tempat hapus aplikasi)
  • Cari aplikasi Kontak / Contact lalu buka aplikasinya
  • Klik force stop (Kalau tidak bisa, lanjut)
  • Geser kebawah, Anda akan menemukan tombol Hapus data, Hapus Cache (Clear data, Clear Cache)

 Aplikasi kontak yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat d 5 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)

  • Silakan clear keduanya
  • Jika sudah, restart HP Anda terlebih dahulu


Selesai. Sekarang, silakan buka aplikasi kontak HP Anda. Error yang ada, akan hilang dan aplikasi akan berjalan normal kembali. Cara ini juga sanggup dipakai di bermacam-macam aplikasi (Bukan kontak saja).

Cara ini, khusus dipakai jikalau memang error yang ada terdapat di aplikasi kontak HP Anda. Tapi, kalau errornya terdapat pada sistem, maka cara diatas tidak berpengaruh.

Jika errornya terdapat pada sistem, Anda sanggup menggunakan cara :


3. Factory reset / Reset Pabrik

 

Factory reset alias reset pabrik, sanggup dibilang sangat efektif untuk mengatasi aneka macam macam error di Android, termasuk aplikasi kontak yang error..

Dengan melaksanakan factory reset, HP Anda yang terdapat error pada sistemnya akan tereset dan data-data akan terhapus, sehingga HP Anda jadi menyerupai gres beli.

Nah, sebelum melaksanakan factory reset, silakan backup terlebih dahulu data-data kontak dan data-data eksklusif Anda (Seperti foto, video, pdf, chat) lantaran semua datanya akan hilang.

Untuk melaksanakan factory reset, ada 2 cara.. Yaitu lewat settings atau mode recovery.. Tapi supaya gampang dipahami, Anda sanggup melakukannya lewat settings. Caranya :

  • Klik Settings
  • Klik pada Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Kemudian klik Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik  (Factory reset)

 Aplikasi kontak yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat d 5 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)

  • Pilih Reset Ulang


Selanjutnya, HP Anda akan melaksanakan proses peniadaan data. Proses ini membutuhkan waktu selama beberapa menit sebelum HP akan me-restart secara otomatis.

Jika proses reset sudah selesai, coba cek kembali aplikasi kontak Anda. Error yang ada kemungkinan besar sudah menghilang.


4. Pakai aplikasi kontak lain

 

Aplikasi kontak bawaan, di sebagian besar HP intinya tidak sanggup dihapus, kecuali Anda sudah melaksanakan root pada HP Anda. Untuk ini, Anda sanggup menggunakan aplikasi kontak lain.

Aplikasi kontak, sebagian orang berpikir hanya itu-itu saja. Padahal, aplikasi kontak banyak sekali variasinya di Playstore. Aplikasi-aplikasi kontak yang ada di playstore, bahkan banyak mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dibanding aplikasi kontak bawaan.


 Aplikasi kontak yaitu sebuah aplikasi bawaan sistem Android dimana didalamnya terdapat d 5 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Kontak Berhenti Terus Menerus (Sayangnya kontak telah terhenti)


Nah, Anda sanggup mencoba untuk menggunakan aplikasi kontak dari playstore untuk mengganti aplikasi kontak bawaan HP Anda. Dengan ini, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi kontak usang yang error.


5. Flash ulang HP Anda

 

Berbeda dengan reset pabrik menyerupai yang dibahas sebelumnya yang bertujuan untuk mereset sistem, flashing ulang, akan mengganti sistem usang Anda dengan sistem yang baru.

Untuk flashing ulang, Anda sanggup menggunakan jasa seseorang atau membawanya ke service center. Dan sebenarnya, flashing ulang juga sanggup dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan + berani mencoba..

Dengan flash ulang sistem, otomatis seluruh sistem akan diganti, termasuk aplikasi kontak bawaan Android lama, sehingga error yang ada dijamin akan hilang.

Saran perhiasan dari saya, kalau bisa, flash sistem dengan versi yang lebih gres (update) dari sebelumnya. Tujuannya, supaya error-error yang ada diperbaiki.

  • Note : Jangan lupa untuk backup data sebelum melaksanakan flashing


Penutup....

 

Mengatasi Aplikasi kontak HP Android yang berhenti terus menerus, jujur saja sangatlah mudah. Dengan 5 cara diatas, saya sanggup jamin aplikasi kontak Anda yang error akan normal kembali.

Sebagian dari cara diatas, mempunyai resiko kehilangan data. Do it with your own risk.. Karena itu, saya sarankan supaya Anda mem-backup seluruh data-data penting Anda (Termasuk data kontak).

Sekali lagi, semoga cara diatas sanggup membantu..

Semoga bermanfaat.



FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url