9 Cara Jitu Mengatasi Kamera Hp Android Error Tidak Dapat Dibuka

FAST DOWNLOADads
Download
Error tidak sanggup dibuka pada kamera Android, tentunya jadi duduk perkara besar bagi sebagian orang. Apalagi kebanyakan orang sekarang, kamera yaitu sebuah fitur super penting untuk mengambil foto dan video. Dimana kebutuhan foto dan video kini sudah sangat tinggi.

HP Android sekarang, sudah seluruhnya memiki kamera. Kamera tersebut sanggup diakses melalui aplikasi kamera bawaan. Nah, kadang ada error pada aplikasi kamera tersebut yang menyebabkan kamera tidak sanggup dibuka. Selain tidak sanggup terbuka, terkadang muncul juga pesan kamera tidak terhubung.


 Error tidak sanggup dibuka pada kamera Android 9 Cara Jitu Mengatasi Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka


Kamera yang tidak sanggup dibuka, saya sendiri sudah mengalaminya berkali-kali. Error yang saya sanggup juga bukan hanya 1 tipe HP saja, bahkan di bermacam-macam tipe HP Android.

Error pada kamera ini banyak sebabnya. Kadang ada duduk perkara internal dari sistem, yang disebabkan sistem yang tidak stabil atau error, hingga lantaran kamera yang memang rusak dari potongan komponennya.

Untuk error pada potongan komponen sendiri sulit diperbaiki. Karena Anda mau tidak mau harus membongkar HP tersebut untuk diganti potongan yang rusaknya.

Untuk error pada sistem, masih sanggup diperbaiki dengan bermacam-macam cara. Dan berikut, cara-cara yang sanggup Anda gunakan untuk memperbaiki kamera yang tidak sanggup terbuka menurut pengalaman saya.


1. Restart HP Android Anda terlebih dahulu...


Seperti yang saya bilang sebelumnya, sistem yang tidak stabil, akan menciptakan aplikasi-aplikasi yang berjalan juga tidak stabil. Hal ini sanggup menyebabkan aplikasi lain yang ingin dijalankan ikut mengalami error.

Dengan melaksanakan restart, seluruh aplikasi yang berjalan akan tereset. RAM yang tadinya penuh pun akan jadi lega kembali.

Setelah di restart, silakan tes kamera Anda. Kalau belum berjalan, Anda harus mencoba cara-cara lainnya dibawah ini :


2. Force stop aplikasi kamera Android Anda


Penyebab kamera tidak sanggup dibuka, juga sanggup disebabkan lantaran aplikasi kamera tersebut yang tidak stabil. Hal ini sanggup disebabkan lantaran data dan cache internal aplikasi tersebut terkumpul terlalu banyak.

Selain duduk perkara data dan cache, duduk perkara aplikasi kamera yang hang juga sanggup jadi penyebabnya. Ciri kamera hang sanggup diketahui dengan melihat apakah aplikasi tersebut macet atau tidak.

Selain duduk perkara macet, hang pada aplikasi kamera juga sanggup diketahui dari kamera yang tidak menampilkan gambar apa-apa (Hanya gelap saja).

Cara untuk melaksanakan force stopnya biasanya berbeda-beda di setiap versi Android. Untuk di HP saya cara begini :

  • Pertama buka settings
  • Buka settings Aplikasi
  • Cari aplikasi kamera / camera pada potongan apps atau apps sistem (All)
  • Buka kamera tersebut
  • Klik Force stop / paksa berhenti
 
 
 Error tidak sanggup dibuka pada kamera Android 9 Cara Jitu Mengatasi Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka

 
  • Jika sudah, coba buka kembali kamera Anda.



Kalau benar error yang didapat disebabkan lantaran kamera tidak stabil, maka cara diatas harusnya sanggup membantu. Kalau belum sanggup lanjut..


3. Clear cache dan clear data Aplikasi kamera


Seperti yang saya bilang tadi, aplikasi yang tidak stabil juga sanggup disebabkan lantaran banyaknya junk files (File data dan cache) yang menumpuk di aplikasi kamera bawaan Anda.

Untuk cara memperbaikinya, Anda hanya tinggal menghapus cache dan data pada aplikasi kamera tersebut. Untuk cara ini, bahwasanya hampir sama dengan cara force stop sebelumnya, hanya saja sengaja saya pisah (Agar sanggup di tes satu persatu).


Caranya :


  • Pertama buka settings
  • Buka settings Aplikasi
  • Cari aplikasi kamera / camera pada potongan apps atau apps sistem (All)
  • Buka kamera tersebut
  • Geser kebawah, klik hapus data dan hapus cache untuk menghapus junk files aplikasi kamera Anda.


 Error tidak sanggup dibuka pada kamera Android 9 Cara Jitu Mengatasi Kamera HP Android Error Tidak Bisa Dibuka
Kadang, clear data akan secara otomatis clear cache, kadang juga tidak. Contoh diatas, saya sudah clear data.

  • Jika sudah, coba buka kembali kamera Anda.


4. Lakukan scanning Antivirus di HP Android Anda


Masalah virus, bahwasanya bukan hal yang jarang di HP Android. Untuk duduk perkara virus sendiri bekerjasama dengan stabilitas aplikasi yang Anda pakai yang sanggup menyebabkan aplikasi kamera jadi error.

Cara mengatasinya, Anda sanggup melaksanakan scanning virus dengan antivirus yang sanggup di download di playstore.

Setelah melaksanakan scanning, lanjutkan dengan force stop dan clear data & cache ibarat yang dibahas sebelumnya.


5. Ganti aplikasi kamera Android


Aplikasi kamera Android, tidak harus selalu dari bawaan. Di Google Playstore pun banyak sekali aplikasi-aplikasi kamera Android yang bahkan mempunyai fitur-fitur keren. Contohnya ibarat memberi efek color pada foto, mengubah resolusi, meningkatkan kualitas foto dan banyak sekali jenis editing lainnya.

Dan tentunya, kamera non bawaan yang di download di playstore, juga sanggup membantu Anda untuk mengatasi kamera HP Android error tidak sanggup terbuka, jikalau memang aplikasi kamera bawaan Android Anda yang jadi penyebabnya.


6. Factory Reset HP Android Anda


Salah satu solusi paling jitu untuk mengatasi kamera yang tidak sanggup dibuka, yaitu melaksanakan factory reset alias reset pabrik. Dengan melaksanakan factory reset, error-error yang terdapat pada sistem akan hilang sehingga HP jadi normal kembali.

Untuk melaksanakan factory reset, Anda sanggup melakukannya lewat setting di sistem atau melalui sistem recovery.

Tapi perlu diperhatikan, kalau Anda melaksanakan reset pabrik, HP Anda data-datanya akan hilang semua (termasuk foto dan video). Silakan backup dulu seluruh data-data di internal maupun di kartu memori Anda. Sebisa mungkin, backup juga aplikasi HP Android Anda lantaran memang nanti akan ikut terhapus juga.


7. Unroot HP Android Anda


Kalau Anda mengalami error kamera sempurna dikala sehabis di root, berarti kemungkinan besar root itulah penyebabnya. Karena memang, duduk perkara error kamera sehabis root pernah saya alami sendiri.

Bukan hanya kamera, aplikasi bawaan lain juga terkadang ikut error jawaban root...

..Untuk mengatasinya, Anda sanggup melaksanakan unroot untuk mengembalikan HP Anda ibarat keadaan sebelum di root. Saran saya sehabis unroot, lakukan reset pabrik ibarat yang dijelaskan sebelumnya.



8. Optimasi & Update sistem pada Android

 

Selain aplikasi bawaan kamera yang tidak stabil, ibarat yang saya bilang sebelumnya, sistem yang tidak stabil juga sanggup jadi salah satu penyebab kamera HP Android sulit terbuka.

Sistem tidak stabil sendiri sanggup banyak sekali penyebabnya. Bisa lantaran terlalu banyak aplikasi yang terinstall, RAM yang terlalu penuh, hingga lantaran memang sistemnya yang sudah tidak stabil dari bawaan.

Untuk mengatasinya, Anda sanggup melaksanakan optimalisasi sistem, misalnya ibarat menggunakan Aplikasi pembersih RAM di Android, Mereset sistem, dan tentunya mengupdate sistem.

Update sistem sanggup dilakukan dikala developer HP Android Anda sudah merilis update-annya. Update ini sanggup dilakukan lewat settings di Android.

Dengan mengupdate sistem, sistem HP Anda yang tadinya tidak stabil dari bawaan akan jadi lebih stabil. Kalau justru malah makin tidak stabil, Anda sanggup melaksanakan rollback sistem.


9. Perbaiki komponen Android


Kalau masih tidak sanggup jalan, Anda sanggup melaksanakan perbaikan komponen yang rusak pada HP Android Anda. Untuk melaksanakan perbaikan, tentunya tidak gampang dan tidak semua orang bisa.

Anda sanggup membawa HP Anda ke service center terdekat resmi di kota Anda. Dengan membawa HP ke service center, HP Anda akan dilakukan pergantian komponen yang rusak sehingga error yang ada jadi normal kembali.

Sebelum membawa ke service center, ada baiknya untuk membackup seluruh data dan melaksanakan factory reset (untuk menjaga privasi dan keamanan).


Penutup...


Kamera HP Android yang error, cara perbaikannya tidak begitu sulit. Untuk duduk perkara aplikasi error sendiri dengan mengikuti 9 langkah diatas, saya jamin error yang Anda sanggup akan normal kembali.

Karena saya sendiri, biasanya mengikuti 8 langkah diatas, kecuali poin nomor 9 lantaran memang belum pernah ketempat service. Dan error kamera yang saya dapat, selalu normal kembali.

Jika Anda resah pada poin tertentu, silakan tanya lewat kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url