5 Cara Mengatasi Layar Hp Android Blank Putih / Hitam Dan Penyebabnya

FAST DOWNLOADads
Download
Layar blank hitam atau blank putih, yaitu kondisi dimana HP Android tidak mengeluarkan gambar sama sekali. Biasanya problem ini terjadi dikala HP sedang dipakai, gres dinyalakan, dah jikalau sudah parah, sanggup blank terus menerus.

Penyebab HP blank putih sendiri ada banyak sekali. Tapi yang paling sering terjadi yaitu problem hardware, terutama pada penggalan touchscreen. Sedang penyebab rusaknya sanggup lantaran terjatuh / terbanting, umur pemakaian, hingga HP terkena air.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP layar hitam atau layar putih ini?


 yaitu kondisi dimana HP Android tidak mengeluarkan gambar sama sekali 5 Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih / Hitam Dan Penyebabnya

Walaupun penyebabnya rata-rata dari hardware, tapi nggak serta merta menciptakan teman harus mengganti komponen dari yang rusak tersebut.

Karena ada beberapa penyebab lainnya.. Seperti sistem Android yang terlalu berat dan  cenderung tidak stabil, sistem yang corrupt, dan sejenisnya.

Dan sanggup juga lantaran kesalahan flash / oprak-oprek, yang berakibat HP menjadi brick bahkan mati total.

Ada beberapa tips yang sanggup teman coba untuk mengatasi problem ini, dan beberapa diantaranya, sangatlah gampang dilakukan. Memang tidak 100% sanggup diperbaiki sendiri.. Tapi setidaknya, ada perjuangan dulu lah sedikit hehe..

Oke, berikut beberapa cara mengatasi HP blank putih / blank hitam di Android :


#1. Lepas kartu memori, SIM, dll...



Kalau HP teman blank waktu gres menyala, mungkin sistem tidak terload. Untuk mengatasi ini, teman sanggup mencoba melepas kartu SIM, memori card, baterai, dan semua yang melekat pada HP (dan sanggup dilepas)..

..Tunggu beberapa menit, kemudian coba nyalakan kembali. Fungsinya supaya error pada HP tereset dan sistem sanggup di load lagi.

Selain untuk mengatasi problem sistem tidak terload, cara ini juga efektif untuk mengatasi error dan bug dalam sistem.. Seperti aplikasi force close, sinyal hilang, hingga HP  yang tidak mau menyala.


#2. Clear cache / Factory reset


Cache atau error pada sistem, juga sanggup jadi penyebab HP layar putih / layar hitam.. Bedanya, masalahnya terjadi dikala HP berhasil boot, tapi tidak sanggup masuk ke sistem utama (Sistem UI).

Masalah ini terjadi sanggup disebabkan lantaran memori (RAM) yang terlalu penuh, storage yang terlalu penuh hingga bug.. 

Nah, melaksanakan clear cache / factory reset, sanggup jadi solusinya..

Untuk melaksanakan clear cache / reset HP, sanggup dilakukan lewat mode recovery HP. Mode recovery ini sanggup diakses dengan menekan tombol-tombol tertentu. Sobat sanggup membaca cara masuk mode recovery semua HP berikut..

Kemudian, untuk melaksanakan reset cache saya belum buat tutornya (Sebenarnya ada, tapi ada di artikel tertentu).. Untuk factory reset, sanggup dibaca disini..


#3. Re-Flash HP


Beda dongeng jikalau teman tidak sanggup masuk lagi ke sistem menyerupai diatas.. Bisa jadi sistem HP teman sudah benar-benar rusak..

Bagaimana cara mengatasinya?

Sobat sanggup melaksanakan reflashing HP. Flash HP, ditujukan untuk mengganti sistem yang usang dengan yang baru.. Dimana seluruh sistem usang akan terhapus dan ditimpa ulang..

Bagaimana cara flashnya?

Praktis sebenernya.. Tutorial-tutorial cara flash sudah bertebaran di Google. Yang perlu teman lakukan tinggal mencari cara flash sesuai dengan brand dan tipe HP yang teman gunakan (Jangan lupa sedetail-detailnya).



#4. Bongkar HP


Kalau 3 cara diatas belum bisa, berarti masalahnya memang ada di hardware. Sebelum ke service, jikalau teman berani, teman sanggup coba bongkar HP sobat..

Masalah layar blank sendiri biasanya ada di penggalan touchscreen (Walau ga 100%)..

Untuk spesifiknya, sanggup bermacam-macam. Di penggalan dalam layar, juga sanggup di penggalan connector LCD..

Nah, teman sanggup mencoba membongkar HP disini, kemudian membersihkan part-part yang dikira-kira error tersebut dengan menggunakan kuas dan cairan-cairan tertentu..

Kenapa mesti dibersihkan? Karena kotoran melekat / abu memang sanggup jadi penyebab HP ngeblank, juga sanggup menciptakan layar jadi kedip-kedip..


#5. Service HP...


Terakhir, barulah jikalau ga sanggup teman mesti mencoba service HP sobat..

Untuk harga perbaikannya saya kurang tahu.. Might ada diantara 300 - 700 ribuan, tergantung jenis, tipe HP, dan kelangkaan partnya.

Kalau teman bisa, teman sanggup mencoba mengganti sendiri touchscreen HPnya.. Partnya sanggup beli online di marketplace-marketplace menyerupai Tokopedia atau Bukalapak..

..Dengan catatan, resiko gagal dan rusak ditanggung sendiri..

Oh iya, jikalau mau reparasi HP, ada baiknya pribadi saja ke service center. Alasannya supaya part yang didapat terjamin, serta harga yang didapat sanggup lebih murah. Apalagi jikalau HP masih garansi.. Bisa jadi gratis.


Penutup...


Demikian beberapa tips ihwal cara mengatasi layar HP blank putih, atau blank hitam.  Memang cara paling ampuhnya cuma dengan melaksanakan service / reparasi hardware.. Tapi tentu tidak berarti teman mesti pribadi buru-buru ke daerah service bukan?

Tips-tips diatas saya rangkum dan saya tambah dari beberapa web tertentu (Web luar) dengan hanya mengambil poin paling pentingnya saja, yang saya rasa sanggup membantu..

Nah, itu saja, biar bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url