8 Cara Mengatasi Wifi Tidak Tersambung / No Internet Access Di Android

FAST DOWNLOADads
Download
Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung / No Internet Access di HP Android  - Di HP Android, ada 2 jenis koneksi yang biasa digunakan. Yakni koneksi data seluler dan koneksi data WIFI dimana keduanya tentu mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Nah, tapi disini saya tidak ingin membahas kelebihan serta kekurangan dari 2 koneksi tersebut.. Melainkan disini saya ingin membahas salah satu duduk kasus yang sering terjadi pada koneksi WIFI, terutama di HP Android..

Yaitu duduk kasus WIFI tidak sanggup connect dan muncul goresan pena No Internet Access..


Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android


Saya sendiri yaitu pengguna Android yang sangat sering menggunakan koneksi WIFI. Kebetulan saya punya modem MIFI, jadi sayang sekali kalau nggak dipakai.

Apalagi koneksi internet yang didapat jauh lebih kencang + sinyal juga lebih kuat.


Nah, tapi saya suka bertanya-tanya, kenapa WIFI saya kadang-kadang tidak sanggup tersambung ke internet.. Dan pada koneksi WIFI tersebut juga kadang sesekali muncul duduk kasus no internet access..

Then, apa sih bekerjsama penyebab WIFI tidak sanggup connect? Apa sih penyebab goresan pena no internet access pada WIFI? Dan bagaimana cara mengatasinya?


Penyebab dan cara mengatasi WIFI susah konek / No Internet Access



Penyebab kenapa WIFI no internet access ini ada beberapa.. Dan jujur, penyebabnya termasuk  yang tidak pasti.

Ada banyak faktor yang sanggup menjadikan WIFI tidak sanggup terhubung ke internet. Mulai dari duduk kasus router, sinyal atau jaringan, hingga duduk kasus gangguan dari provider itu sendiri.


Nah, walau tidak pasti, teman mungkin sanggup mencoba beberapa tips berikut. Barangkali koneksi teman jadi normal lagi.

Langsung saja, Berikut pembahasannya :


#1. Restart HP

 

Hal mudah pertama, teman sanggup mencoba terlebih dahulu untuk melaksanakan restart. Error yang terjadi di HP Android, bekerjsama kadang kalau di-restart sanggup jadi normal kembali. Ini disebabkan lantaran data-data yang on process di HP di reset ulang, sehingga sistem jadi fresh lagi.


Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android

Tips lainnya, Sobat juga sanggup mencoba mematikan HP, kemudian cabut seluruh kartu SIM dan memori yang terpasang, kemudian nyalakan kembali..


#2. Restart modem / router

 

Selain restart HP yang dipakai, teman juga sanggup mencoba untuk merestart router / modem yang terkoneksi selama beberapa detik, kemudian nyalakan kembali.

Nah, perhatikan juga, barangkali router / modemnya panas, ini juga sanggup jadi penyebab gangguan koneksi WIFI.. Kalau panas begini, coba dinginkan selama beberapa saat. 
Hal ini biasa saya lakukan kalau modem MIFI yang saya gunakan koneksinya lelet, hingga tidak sanggup tersambung / no internet access. Dan cara ini sangatlah ampuh.


#3. Aktifkan mode pesawat

 

Salah satu trik umum untuk mengatasi internet tidak tersambung, sanggup dengan mengaktifkan mode pesawat. Saat mode pesawat diaktifkan, secara otomatis koneksi data maupun WIFI yang terkoneksi ke internet akan dimatikan secara paksa..

Nah, biasanya ketika mode pesawat ini diaktifkan lagi, koneksi yang error tadi akan normal kembali.

Caranya : Coba restart HP >> Sambungkan WIFI >> Nyalakan mode pesawat selama beberapa detik >> Lalu sambungkan kembali WIFInya.


Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android




#4. Periksa jaringan WIFI yang digunakan

 

Penyebab yang sangat sering terjadi pada duduk kasus WIFI yaitu gangguan provider. Provider alias jasa penyedia layanan internet, sangat dekat kaitannya terhadap kestabilan dan kelancaran penggunaan susukan pada WIFI.

Terutama untuk teman yang juga pengguna modem WIFI menyerupai saya..

..Mungkin teman akan mengalami beberapa gangguan di cuaca-cuaca tertentu. Terutama ketika sedang trend hujan.

Nah, solusi untuk duduk kasus ini, teman sanggup mencoba mengganti provider atau menunggu hingga jaringan yang gangguan tadi jadi normal kembali.

Untuk pengguna internet kabel / router, teman sanggup menelepon call center kalau memang gangguan yang di sanggup sudah berhari-hari dialami.


#5. Cek Password WIFI

 

Selain duduk kasus perangkat dan provider, kesalahan password juga sanggup kuat lho..

Perhatikan, WIFI yang ingin dikoneksi, passwordnya harus sama / sesuai antara gadget dengan router atau modem. Password yang tidak sama, akan menjadikan WIFI jadi sulit tersambung, hingga menjadikan WIFI mengalami duduk kasus autentifikasi.

Sekalipun tersambung, biasanya koneksi bakal 'bengong' alias tidak ada respon.

Sobat sanggup mengatasinya dengan cara : 

Ganti password di Modem / Router yang ingin disambung >> forget WIFI di pengaturan WIFI Android >> Lalu masukkan kembali password gres yang sudah disetting tadi.

Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android

Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android


#6. Cek HP, jangan hingga terblokir Modem / Router

 

Bingung HP yang tadinya sanggup internetan dengan normal menggunakan WIFI, tapi tiba-tiba WIFInya jadi sulit tersambung?  Nah, sanggup jadi perangkat teman telah diblokir Modem / Router yang ingin dikoneksikan.


Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android


Beda masalah dengan duduk kasus ganti password sebelumnya.. Saat gadget yang ingin dikoneksikan ke router / MIFI terblokir, biasanya gadget masih sanggup menangkap sinyal WIFI tersebut, namun gadget akan selalu mengalami diskonek terus menerus. 

Nah, solusinya teman harus mengecek kembali konfigurasi router / MIFI yang digunakan tadi, kemudian lakukan unblock kalau memang ada setting pemblokiran gadget tertentu.

Solusi lainnya, teman sanggup coba me-reset router / MIFInya, supaya seluruh konfigurasi yang tersimpan bakal hilang. Tapi perhatikan, jangan hingga lupa password default router / MIFInya. (Sobat sanggup lihat Cara lihat password WIFI yang tersimpan di HP tanpa root)


#7. Ganti tanggal waktu di pengaturan Android

 

Saya sempat membahas tentang Cara mengatasi your connection is not secure / not private pada artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut, saya juga sempat bilang bahwa setting date (tanggal) sanggup kuat terhadap koneksi internet.

Termasuk pada koneksi WIFI di Android, juga sanggup kuat lho.. Biasanya WIFI jadi suka bengong, atau mengalami No internet Access..

Nah, ini biasanya terjadi lantaran tanggal dan waktu yang tersetting di HP Android tidak sesuai dengan regional daerah teman tinggal, atau dengan waktu regional provider yang teman gunakan (Umumnya menggunakan UTC 07:00 Bangkok Hanoi Jakarta)..

Penyebab setting ngaco sendiri sanggup disebabkan lantaran HP teman tidak terpasang kartu SIM, sehingga HP tidak sanggup mendeteksi waktu region sekitar, juga sanggup disebabkan lantaran teman mensetting pengaturan waktu menjadi manual.

Solusinya simpel.. Cukup ganti waktu yang tersetting tersebut mengikuti waktu normal daerah teman tinggal.

Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android



#8. Reset HP

 

Tips terakhir, teman sanggup melaksanakan reset HP. Reset ini saya sarankan kalau teman sudah mencoba 7 cara sebelumnya, tapi nihil, koneksi WIFI masih belum sanggup tersambung.

Reset HP, sangat direkomendasikan untuk teman yang mengalami banyak sekali error di Android, termasuk duduk kasus WIFI ini.

Cara mengatasi WIFI tidak sanggup tersambung  8 Cara Mengatasi WIFI Tidak tersambung / No Internet Access Di Android


Karena sanggup jadi ada kesalahan konfigurasi sistem yang tersimpan di HP, yang tidak sanggup diubah.. Nah, dengan reset, dibutuhkan konfigurasi tersebut akan balik ke titik ketika dimana HP masih normal.

Tapi sebelum melaksanakan reset, coba tes dulu koneksi WIFI yang error tersebut, dengan cara disambungkan ke HP lain. Kalau di HP tersebut normal, gres sanggup dipastikan HP teman mengalami error.



Penutup.. 

 

Demikian, 8 cara mengatasi WIFI yang susah konek, tidak sanggup tersambung, atau keluar pesan no internet access. Artikel ini ditulis menurut pengalaman saya pribadi, serta mengambil beberapa tips dari sumber website lain..

Nah, bekerjsama masih ada beberapa tips lain yang tidak saya masukkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi yang berjulukan 'F1xer WIFI'.

Aplikasi ini 'katanya' sanggup memperbaiki WIFI yang error, atau susah terkoneksi. Tapi tidak saya masukkan.. Karena coba browsing kesana sini (cari cara kerja aplikasinya) risikonya nihil.. Kaprikornus belum terbukti secara pasti..

Nah, 8 cara diatas saya harap biar sudah cukup dan sanggup membantu teman untuk mengatasi duduk kasus yang sedang teman alami.

Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url