5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah Berhenti (Simpel)

FAST DOWNLOADads
Download
Definisi Launcher pada HP... ialah sebuah aplikasi sistem Android, yang berfungsi untuk menciptakan user interface antara pengguna HP dengan sistem. Analoginya menyerupai ban pada sepeda. Tanpa ban, sepeda jadi tidak dapat dijalankan.

Tapi taulah yang namanya aplikasi Android.. Kadang suka error.. Apalagi bila bicara soal problem force close..

Termasuk aplikasi launcher.. Aplikasi launcher juga kadang suka force close. Dan ketika force close, aplikasi ini biasanya akan mengeluarkan pesan "Sayangnya launcher telah berhenti"...


 Tapi taulah yang namanya aplikasi Android 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)

"Sayangnya launcher telah terhenti".. Walau mirip, problem ini beda dengan system UI telah berhenti. launcher telah berhenti bergotong-royong bukanlah problem besar. Tapi kadang bikin repot..

Ketika launcher force close, biasanya aplikasi ini akan me-recovery / menjalankan ulang dirinya sendiri semoga HP tetap dapat dipakai..

Yang jadi problem itu bila udah parah.. Launcher jadi sering berhenti sendiri, dan biasanya terjadi waktu pengguna mau masuk aplikasi.  

Walau bukan problem besar, bila nggak diperbaiki lama-lama launcher ini akan rusak. Karena tiap HP dipakai, HP bakal selalu menumpuk cache..

Efeknya?

HP bakal sering hang sob..


Nah, disini aku ingin membahas penyebab dan cara mengatasi "Sayangnya launcher telah berhenti" yang semoga dapat diterapkan di semua brand HP Android. Oppo, Vivo, ASUS, Xiaomi, Lenovo, Samsung, dan lain-lain..

Langsung saja, berikut caranya..


1. Bersihkan RAM


Aplikasi error force close itu rata-rata penyebabnya 1, RAM penuh. RAM yang penuh ini biasanya disebabkan lantaran teman terlalu menginstall banyak aplikasi.. Apalagi bila aplikasinya jenis yang berjalan di latar belakang (Background services).

RAM yang penuh ini juga dapat mengefek ke launcher.. Mengingat launcher ialah aplikasi yang selalu berjalan secara default dikala HP gres dinyalakan..

..Endingnya muncul deh notice "Sayangnya launcher telah terhenti"..

Solusinya :

  • Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Such as aplikasi chatting, browser, atau aplikasi-aplikasi cleaner.. Caranya Klik settings >> Apps >> Cari aplikasi yang mau dihapus disini

  • Kalau teman HPnya sudah di root, teman dapat pakai tweak-tweak tertentu buat management RAM. Supaya nambah lega RAMnya..


2. Clear cache HP


Next, cache HP.. Sobat niscaya sudah tahu, bila setiap HP dipakai, sistem akan selalu menyimpan file-file cache, yang berfungsi untuk mempercepat kinerja pada HP.

Fungsinya sih memang mempercepat kinerja, tapi file cache yang sudah menumpuk terlalu banyak kadang juga suka bikin HP error..

..Termasuk problem launcher berhenti ini..


Cache pada HP ini dibagi 2, yakni cache pada aplikasi, dan cache pada sistem.. Pertama, bersihkan dulu cache pada sistem.. caranya :

  • Matikan HP terlebih dahulu,, >> Ketika HP sudah mati, nyalakan kembali dengan cara tekan Tombol power + volume up + volume down secara bersamaan untuk masuk ke recovery..
  • Setelah HP masuk ke recovery, silakan cari belahan cache partition dan dalvik cache.. Wipe kedua cache tersebut, kemudian restart..
 





Oh iya, tombol masuk recovery tiap HP itu beda-beda. Tombol masuk recovery yang aku contohkan diatas itu biasanya dipake HP brand Lenovo. Sedangkan brand HP lain menyerupai Samsung, ASUS, kombinasinya lain-lain lagi..

Ini list lengkapnya (Scrool bila ga butuh) :


ASUS Zenfone

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume UP dan Tombol Power. Tekan terus selama beberapa detik hingga HP masuk mode Fastboot.
  • Kemudian, silakan pakai tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk "Enter", kemudian masuk ke mode Recovery.
 
 
Samsung

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol : Volume Up + Tombol Power + Tombol Home bersama-sama. Tunggu beberapa detik hingga masuk recovery mode.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk Enter.

Sony (Xperia)

  • Ketika HP dalam keadaan mati, nyalakan, dan sewaktu LED menyala, tekan Tombol Volume Up terus menerus hingga masuk ke dalam mode recovery.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan power untuk Enter ketika dalam mode recovery.
OPPO
 
  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Down + tombol Power selama beberapa detik.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk Enter dalam mode recovery.

HTC

  • Ketika HP dalam keadaan mati, tekan Volume Down + Tombol Power. Di mode recovery, pakai tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk OK.

ACER

  • Tekan Tombol Volume Down dan tombol Power (Tekan bersamaan)
  • Kalau tidak bisa, coba tekan Volume Down + Camera + tombol Power.
  • Dalam recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan Tombol Power Untuk enter.

LG

  • Tekan tombol Volume Up + Tombol Home + tombol power yang ditahan secara bersamaan.
  • Gunakan tombol power untuk enter dan tombol volume untuk navigasi.

LENOVO

  • Tekan dan tahan tombol Volume Down + Volume Up + Tombol Power hingga beberapa detik.
  • Dalam mode recovery, gunakan tombol Volume untuk navigasi dan Tombol power untuk OK.

XIAOMI

  • Tekan volume UP + Tombol power
  • Atau tekan volume down + tombol power
  • Navigasinya sama menyerupai HP-HP diatas..
     
 

3. Clear cache aplikasi launcher

 

Sama menyerupai sebelumnya. Kalau sebelumnya cara buat wipe cache sistem, cara ini dikhususkan untuk melaksanakan wiping cache eksklusif pada aplikasi launchernya.
Caranya :

  • Klik settings >> Buka Apps >> Tampilkan apps system / Geser ke apps system >> Cari Launcher >> Wipe cache / data launcher tersebut.
 



Launcher yang digunakan di HP dapat beda-beda namanya.. Contohnya ZenUI Launcher pada HP ASUS, atau Touchwiz UI pada HP samsung..

Kaprikornus silakan cari dan sesuaikan..


4. Ganti launcher


Semua HP niscaya ada launchernya. Launcher ini biasanya 'ditanam' eksklusif oleh pabrik ketika diinstall sistemnya. Tapi apa launcher bawaan dapat diganti? Ya tentu bisa..

Banyak sekali aplikasi-aplikasi launcher yang tersebar di Google Play Store. Malah, beberapa mungkin lebih elok dari launcher bawaan sobat.


 Tapi taulah yang namanya aplikasi Android 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)



Yang mana yang paling bagus? I don't know.. Tes aja satu persatu. Soalnya tampilan launcher juga berbeda-beda.. Kaprikornus mesti di sesuaikan dengan selera..


5. Reset HP


Kalau masih ga bisa, gres deh ke langkah terakhir.. Reset.. Dengan reset, segala jenis error pada HP bakal hilang, asalkan bukan disebabkan lantaran komponen..

Tapi sebelum melaksanakan reset, silakan dipertimbangkan lagi.. Mengingat aplikasi-aplikasi yang terinstall bakal terhapus. Apalagi bila ada App besar datanya semacam game..

Sebelum melaksanakan reset, pastikan juga data-data pada HP sudah tersimpan / terbackup dengan aman. Karena reset akan memformat memori internal nantinya.

Nah, cara resetnya :

  • Matikan HP >> Nyalakan lagi ke mode recovery (Cek lagi caranya diatas) >> Cari Wipe data / factory reset >> Reset
 

 Tapi taulah yang namanya aplikasi Android 5 Cara Perbaiki Sayangnya Launcher Telah berhenti (Simpel)


Penutup...

 

Demikian, tutorial cara mengatasi launcher telah berhenti.. Saya kira 5 cara praktis diatas sudah cukup efektif.. Soalnya jujur, 5 cara diatas ialah cara-cara yang paling sering aku pakai untuk mengatasi problem launcher ini..

Sobat belum berhasil? Atau punya tips lainnya?

Silakan taruh di komentar bawah.. Kalau relevan niscaya aku approve..

Semoga bermanfaat.. 

FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url