7 Cara Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri (Paling Mudah)

FAST DOWNLOADads
Download
Ghost Touch alias layar HP bergerak sendiri. Masalah ini yakni problem yang terjadi pada layar LCD HP Android, dimana touchscreen mengalami error.. Contohnya menyerupai : sering memencet sendiri..

Ini cukup bikin repot, apalagi jikalau lagi chatting-an. Pasti sering terjadi misstyped (Typo) yang sanggup bikin bahasa jadi acak-acakan..

Ada juga error lainnya menyerupai menggeser sendiri (entah kesamping, keatas atau kebawah), dan paling parah bahkan touchscreen HP jadi tidak sanggup dipencet.

 Masalah ini yakni problem yang terjadi pada layar LCD HP Android 7 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (Paling mudah)


Masalah layar HP sering bergerak sendiri ini sanggup terjadi di  semua brand HP Android. Merk-merk HP populer dan HP-HP keluaran gres pun mungkin tidak akan luput dari problem ini. Makara untuk sahabat yang lagi mengalami problem ini, setidaknya jangan terlalu khawatir.

Untuk penyebabnya ada beberapa.. Dari problem pemakaian, hingga defect pada hardware.
 
Nah, disini aku ingin membahas problem layar HP gerak sendiri / Touchscreen HP gerak sendiri.. Yang biar sanggup membantu sahabat untuk memperbaiki problem ini.. Langsung saja, berikut pembahasannya..


1. Masalah baterai

 

Masalah kelistrikan pada HP biasanya jadi penyebab utama.. Terutama baterai. Baterai HP Android yang sudah aus, atau rusak, sanggup menciptakan touchscreen HP jadi error. Ini diakibatkan lantaran tegangan baterai yang sudah tidak stabil..

..Ditambah lagi kapasitas baterainya yang sudah tidak normal.

Selain menjadikan layar HP jadi bergerak sendiri, problem baterai ini juga sanggup menjadikan problem lain lho, menyerupai HP suka restart sendiri hingga HP mati total.

Solusi :

  • Mau gak mau diganti baterainya. Ganti baterai ke yang original supaya kapasitasnya REAL dan tegangannya stabil.


2. Masalah charger


Barusan aku bilang jikalau tegangan baterai HP yang tidak stabil sanggup jadi penyebab touchscreen jadi error. Masalah tegangan ini juga sanggup terjadi pada charger HP..

Memakai charger yang buruk, selain sanggup menciptakan baterai HP jadi bermasalah, juga sanggup menciptakan IC HP jadi rusak. Karena itu, sahabat direkomendasikan supaya jangan menggunakan sembarang charger HP..

Oh, dan bukan hanya chargernya saja lho.. Termasuk kabel data juga..

Solusi :

  • Always pakai charger original. Supaya HP tetap awet. Tapi jikalau contohnya charger bawaan rusak, sanggup pinjam punya HP lain asalkan cocok dan ori.. Kalau mau beli, mending beli yang ori lagi..

  • Always pakai kabel data original. Atau setidaknya pakai kabel data yang sudah sering digunakan di HP lain dan tidak ada masalah.


3. HP Panas


 Masalah ini yakni problem yang terjadi pada layar LCD HP Android 7 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (Paling mudah)

HP panas memang sanggup mendatangkan aneka macam problem pada HP. Paling umum, HP yang panas, sanggup menjadikan performa hardware jadi menurun dan juga sanggup menjadikan HP restart / mati sendiri. 

Termasuk layar yang bergerak sendiri.. Di beberapa sumber yang aku dapat, HP yang panas ini sanggup kuat pada layar.. Entah dibagian mananya, tapi panas berlebih pada HP sanggup mengurangi responsitivitas pada layar dan sanggup menciptakan layar jadi ngaco..

Solusinya :

  • Kalau bahas disini sanggup panjang.. Biar gak repot, mending baca artikel aku sebelumnya : cara mengatasi HP panas.. Dijamin adem


4. Bug ROM / Software


Untuk pengguna HP yang hobi oprak-oprek HP.. Perlu memperhatikan hal ini. Bug pada ROM, sanggup menjadikan layar HP bergerak sendiri..

Ini pernah aku alami sendiri dulu, dikala aku iseng menginstall salah satu custom ROM di HP saya.. Touchscreen HP suka bergerak sendiri dikala sedang digunakan browsing.

Selain Bug ROM, Bug software juga sanggup jadi penyebabnya.

Bug pada software di Android, biasanya disebabkan lantaran sahabat menginstall suatu aplikasi yang bentrok dengan sistem HP yang sahabat gunakan. Dan juga sanggup disebabkan lantaran efek root yang menciptakan HP jadi tidak stabil.

Solusinya :

  • Reset HP : Kalau HP awalnya normal tapi makin kesana touchscreennya makin error, reset HP ini sanggup tidak mengecewakan efektif untuk mengatasinya.

  • Re-Flash HP : Kalau di reset ga ampuh, coba re-flash HP.. Ganti ROM ke versi lain yang lebih stabil.. Sukur-sukur jikalau sekalian di-update
 
  •  Unroot : Kalau problem layar errornya jawaban root, coba unroot HP sobat. Tutorialnya sanggup dicari di Google.


5. Bug multitouch


Ada brand dan tipe HP yang tidak mau aku sebutkan namanya, punya problem bug ini. Bug multitouch adalah, bug bawaan pada layar HP Android, dimana layar sering melompat, atau sering bergerak sendiri dikala dipencet..

..Terutama dikala HP dipencet menggunakan lebih dari 2 jari secara bersamaan.

Saya sempat mengalami bug ini dulu, dan jujur, cukup mengganggu. Karena rata-rata aplikasi Android kini butuh fitur multitouch.

Solusinya :

  • Cek di forum-forum HP yang sahabat gunakan. Apakah banyak yang mengalami hal serupa dengan saya? 

  • Kalau iya, sahabat sanggup meminimalisirnya.. Setidaknya untuk mengetik. Gunakan keyboard QWERTY.. Karena keyboard ini punya font aksara yang besar, yang sanggup mengurangi bug multitouch.


6. Masalah pelindung layar


Hampir tiap orang jikalau beli HP eksklusif digunakan pelindung layar. Antigores, tempered grass dan sejenisnya..

Walau jarang, penggunaan pelindung layar begini juga sanggup menjadikan touchscreen HP jadi bergerak senidri. Biasanya disebabkan kotoran, atau penempelan pelindung layarnya kurang pas (Belum dibersihkan layarnya misalnya)..

Solusinya :

  • Lepas pelindung layar lama, ganti ke yang baru..


7. Hardware rusak


Nah, the last jikalau masih error, mungkin touchscreennya yang rusak. Beda sama bug multitouch tadi, touchscreen yang rusak ini sanggup disebabkan lantaran HP panas, atau penggunaan charger HP yang buruk dalam jangka waktu yang panjang.

Atau juga sanggup disebabkan lantaran hardware HPnya yang udah defect dari sananya.

Solusinya :

  • Mau gak mau touchscreennya ya harus diganti. Garansikan HP sahabat ke service center resmi terdekat di kota sobat. 


Penutup...


Sekian, beberapa tips perihal cara mengatasi layar HP yang bergerak sendiri / touchscreen bergerak sendiri. Kesimpulannnya, berdasarkan aku pribadi memperbaikinya tidaklah terlalu sulit, asal bukan kena komponennya 😉

Untuk sahabat yang mengalami hal serupa tapi beda masalahnya, mungkin sanggup taruh komentar dibawah, barangkali aku sanggup bantu..

Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url