5 Ciri Vga Rusak Yang Wajib Diketahui

FAST DOWNLOADads
Download
VGA, merupakan salah satu komponen paling mahal di PC maupun laptop. Dimana harga VGA bahkan dapat mencapai ratusan juta rupiah untuk tipe-tipe tertentu.

VGA juga berdasarkan aku ialah salah satu komponen komputer yang tidak mengecewakan rentan rusak berdasarkan saya. Jika diurut, mungkin VGA ini nomor 2 sesudah harddisk.

Bukan tanpa alasan, ini lantaran VGA mempunyai fungsi yang cukup vital.. Yaitu mengirimkan sinyal gambar ke monitor. Dimana dalam keadaan tertentu, VGA akan mengalami panas berlebih yang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan komponennya rusak.


 merupakan salah satu komponen paling mahal di PC maupun laptop 5 Ciri VGA Rusak Yang Wajib Diketahui


VGA rusak, biasanya akan memunculkan gejala-gejala tertentu, dan tidak eksklusif rusak.

Ada orang yang eksklusif menemui tanda-tanda parah, tapi ada juga orang yang menemui gejala-gejala ringan tertentu yang mungkin akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, disini aku akan menyebarkan ciri-ciri VGA rusak yang sering ditemui. Karena kebetulan, beberapa waktu kemudian sebelum aku menulis artikel ini, VGA aku sempat mengalami tanda-tanda kerusakan sebelum karenanya mati total.

Makara ciri-ciri ini aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Langsung saja, pembahasannya, ini ia :


1. Driver sering stopped working

 

Driver stopped working, ialah salah satu tanda kerusakan awal VGA yang melemah. Driver yang stopped working ini, disebabkan lantaran fungsi VGA yang sudah tidak berjalan semestinya.

Tapi driver stopped working, bukan berarti juga VGA yang mau rusak. Masih ada kemungkinan kalau driver VGA tersebut mengalami ketidakcocokan atau bug..

Untuk mengatasinya, teman dapat mencoba menguninstall, kemudian mengupdate / downgrade versi driver.


2. Performa melemah

 

VGA yang mau rusak, biasanya akan memunculkan ciri ini sebelum karenanya benar-benar mengalami kerusakan. Performa melemah yang dimaksud disini ialah PC atau Laptop benar-benar mengalami lag ketika sedang menjalankan task tertentu.

Terutama ibarat edit video, memutar video atau game.

VGA yang mau rusak, sering mengalami tanda-tanda lag, macet-macet bahkan hang ketika teman sedang menjalankannya untuk pekerjaan yang berbungan dengan grafis ibarat diatas.

Biasanya, performa melemah ini kadang dibarengi dengan driver yang crash ibarat pada poin sebelumnya.


3. Muncul artefak

 

Artefak, ialah salah satu ciri umum sekaligus salah satu kerusakan yang susah ditangani. Gejala artefak, ialah kondisi dimana gambar pada display muncul objek-objek atau texture tertentu.

Biasanya berupa garis, bercak-bercak berwarna, bahkan gambar semu.

Artefak ini umumya muncul pada VGA-VGA yang sudah berumur yang jam pakainya sudah tinggi. Tapi bukan berarti hanya VGA yang berumur saja, VGA gres pun rentan terkena artefak kalau VGA tersebut sering berjalan pada performa tertinggi namun tidak diselingi cooler yang memadai (Overheat).


4. No Display

 

Ciri selanjutnya ini lebih parah.. VGA rusak, biasanya mengalami no display alias VGA tidak menampilkan gambar sama sekali.

VGA no display, biasanya muncul ketika VGA yang rusak terus digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Dimana biasanya kerusakan no display akan muncul secara tiba-tiba.

Walau no display ialah salah satu tanda VGA rusak, tapi bukan berarti no display ini ini hanya disebabkan oleh VGA yang rusak. Ada beberapa kemungkinan part lain yang mungkin menyebabkan no display.. Sobat dapat membacanya disini : Cara mengatasi PC / Laptop No Signal


5. VGA tidak berjalan sama sekali..

 

Next, yang berdasarkan aku paling parah, VGA jadi tidak berjalan sama sekali. Ini biasanya jadi kerusakan final dari VGA yang mengalami 4 tanda-tanda kerusakan ibarat yang dibahas diatas.

VGA yang tidak berjalan ini kadang dapat diketahui dari Fannya yang tidak berputar (Walau tidak selalu).. Dan kalau VGA sudah dalam kondisi ini, maka VGA sudah tidak akan terdetek sama sekali.


Adakah solusinya?

 

Pembahasan selanjutnya, adakah solusi untuk mengatasi VGA rusak?

Untuk solusi tentunya ada. Jika teman mengalami kerusakan ibarat nomor 1 hingga 3 diatas, teman dapat mengatasinya dengan mengurangi beban kerja VGA tersebut.

Caranya dapat dengan tidak digunakan ngegame berat-berat, serta melaksanakan penurunan clockspeed semoga VGA selalu berjalan dibawah performa normal.

Nah, untuk VGA yang sudah rusak parah ibarat no display atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali, solusi satu-satunya dapat dengan melaksanakan RMA alias garansi.

Dimana kalau teman beruntung, mungkin VGA teman akan di-replace dengan yang baru.  


Penutup..

 

Sekian artikel tentang ciri-ciri VGA rusak yang sangat wajib untuk diketahui. Sekali lagi, artikel diatas aku tulis berdasarkan pengalaman aku ketika VGA aku mengalami kerusakan hingga karenanya tidak dapat berjalan kembali.

Beberapa poin mungkin terlewat oleh saya.. Untuk itu, jikalau teman ada masukan, silakan tinggalkan komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url